SEPI

Sebuah kata yang pantas untuk menggambarkan kondisi blog ini. Entah karena penggemar CNBLUE di Indonesia sedikit atau memang penggemar CNBLUE yang suka baca fanfiction sedikit. Aku percaya sama opsi yang kedua. Coba deh mampir ke fanfiction yang suka posting dengan cast KPOP random, ff CNBLUE suka kalah saing. Atau perasaanku doang ya?

Atau opsi ketiga: banyak SIDERS [Silent Readers]. Kayaknya yang satu ini patut dicurigai juga. Soalnya aku ada temen yang tahu FF-FF di sini tapi dia tidak pernah komentar/like. Gak tau juga sih dia cuma mampir baca ke sini atau gimana, tapi pernah aku kasih deskripsi tentang cerita sebuah FF dan dia bisa menebak judul FFnya. Ah, nan mwollayo! Cuma dia dan Tuhan yang tau (?).

Untuk Siders, ga ada salahnya kan kasih komentar singkat? Atau ga komen karena ga punya acc wordpress? Hey, bisa komentar dengan acc Twitter / Facebook. Atau ga mau twitter/fb nya terungkap? Bisa komentar via Guest, tinggal masukkan uname yang kalian inginkan dan jangan lupa masukkan juga email kalian. Tenang aja, email kalian aman kok, ga bakal diapa-apain. Atau alasannya karena baca di handphone? Siapa bilang ga bisa komentar, bisa kok, sama aja kayak komentar di komputer.

Setidaknya bayangkan deh kalian yang jadi author, tulisan kalian dibaca, tapi malah ga dikomentarin? Nyesek! Lagian fanfiction belum tentu sempurna. Bisa aja alur cepat, cerita basi, bertele-tele. Kenapa ga komentar begitu aja kalau memang ceritanya begitu? Kan bisa memperbaiki tulisan author juga. Kritikan membangun itu penting, tapi yang sopan juga bilangnya, jangan marah-marah🙂

Tapi ya sudahlah!

Cuma mau bilang, makasih untuk author-author di luar sana yang tetap kirim FFnya ke sini walaupun readers sepi. I appreciate it so much. Makasih untuk readers setia yang selalu mampir ke sini dan ninggalin jejak. Aku tau siapa-siapa aja yang sering mampir ke sini setiap ada FF masuk dan rela menyisihkan waktunya untuk berkomentar, thanks a bunch.

fyi, i’ll never close this blog, even just post 1 FF once a month.

thanks for the attention🙂

ps: maaf ya kalau tulisan ini berlebihan

31 thoughts on “

  1. setuju setuju setuju…. jujur ini alesan ketiga aku kenapa akhir-akhir ini jarang post FF, selain karena kurang ide dan sibuk sekolah. tapi aku hargai kok setiap komen dan reader yang hanya baca aja, setidaknya usaha aku ga terlalu sia-sia.
    walaupun gitu aku ga akan berhenti ngepost FF kok, aku bakal tetep nyisihin waktu buat bikin ff, walaupun mungkin yang baca sedikit, lumayan buat salurin ide. dan aku sebenernya terima aja kok komentar yang mungkin bernada agak pedas, asal masih hargai usaha aku juga ya, justru komentar kaya gitu bikin aku tambah semangat dibanding komen yang hanya “nice ff” ya.

    BTW big hug untuk semua yang udah baca dan komen, ataupun yang hanya baca aja, semoga lain kali jarinya tergerak untuk ngetik komen. Gomawo ^^ -author happyhanna-

  2. aku paling percaya sama opsi kedua dan ketiga..

    The reason:
    itu emang bener karena aku juga ngalamin nya.. aku pernah share ffcnblue yg cast nya jungshin ke blog tempat aku biasa share ff dan respon nya itu cuma sedikit. SATU KOMENTAR doang, tapi saat aku share ff dengan cast yonghwa dan kyuhyun lumayan banyak yg komen..

    intinya mereka cuma merhatiin cast nya klo castnya menarik dan mereka kenal, ya mereka bakalan komen onn, tpi klo gak … mereka bakal jadi siders aja…

    Tapi kalo aku sih, cuma nge like ff nya karena belum sempat baca ya onn.. klo udah baca aku bakalan komen kok ^ ^

  3. iya ya, rata-rata orang baca FF itu pertama liat dari cast, dan aku ngaku kalau aku memang juga begitu. tapi kalau castnya CNBLUE, aku pasti baca, mau itu jonghyun/yonghwa/jungshin/minhyuk. tapi ya sudah lah, gabisa maksain orang juga untuk baca ff kita.

    aku bikin ff juga untuk menyalurkan hobi aku. even cuma dapet komentar satupun, aku bakal lanjutin walopun agak males. itu karena aku ngehargain si komentator satu-satunya itu, dia pasti juga penasaran sama lanjutannya [kalo berchapter]

    ah semangat semangat🙂 berdoa semoga siders tobat (?)

      • yasalam, bahasamu itu ambigu loh.
        kalo aku tadi nangkepnya yang suka baca ff itu anak labil, tapi kalo aku baca komen kamu yg kedua maksudnya anak sekolahan.
        huahaha, jadi maksudnya penggemar CNBLUE anak kuliahan? karena sibuk jadi ga sempet baca ff?
        ga tentu begitu juga menurut aku😄
        sesibuk-sibuknya aku, kalo lagi penat aku nyari hiburan dan yg aku cari adalah fanfiction. tapi yah doyanan orang beda-beda. dan mungkin aja boice yg suka baca fanfiction masih belum seberapa🙂

      • wkwkwk gak tau ding~~~^0^ ! Tapi kalo aku yang kelas 1sma sih melihatnya seperti begitu~ jadi begini jadi begitu terus Yesungdahlah….. wkwkw

  4. Anneyong..sejujurnya dan sebenarnya saya baru saja menemukan blog ini , buat author nya tetep semangat yahhhh…..aku akan baca plus comment aku lagi baca play girl vs play boy ceritanya kayak-x seruuu …semuanya semangat saya boice + affextion …

  5. Ah… Sedih kalau ff yg qt buat g ada yg bca, g ada yg komen T.T …. Komen itu sebenarnya membangkitkan semangat author buat ngelanjutin ff nya…. Semoga g ada lg sider di blog ini… Paling nggak ninggalin jejak kasi LIKE gt, itu udah bikin author senang, walaupun lebi senang lg kalau dikomen…. Buat authorny semangat

  6. iya min q stuju sm kt2 admin!!!! *semangat 45*
    Mmm.. semangat ya min!! FIGHTING! q prcya kok byk pr boice di Indonesia n byk jg kok yg sk bc FF dsni cm jrng comment! (silent readers)
    q termsuk author n jg readers jd sm2 sling menghargai. Klo bc FF orng q usahain comment, krn q jg berhrp FF bkinan q di hargai n di comment orng.. *curhat bgt???*

  7. setuju… q juga sering bikin ff cn blue tpi g tw knp peminatnya tdk sebanyak kayak q bikin ff fandom lain…
    mungkin banyak boice yg kurang suka baca ff…
    itu yg bikin q kadang kurang semangat bikin ff…
    merasa tk dihargai n jdi minder sendiri kalo mau bikin ff…
    padahal ff cn blue q bejibun…😦

    buat para author tetep semangat y… q mendukung karya para author…
    karena q juga tw rasanya kalo ff qta g dkomen… padahal buat ff itu juga g gampang…
    padahal qt cmn minta pendapat, kalo ff qta jelek itu komen bisa sebagai penilai kemampuan menulis ff buat qta…

    hwaiting buat para author di luar sana yg dah rela membuat ff cn blue,.. ^^

  8. Orang2 sana belum pada tahu btapa kerennya cnblue. Jadi baca ff cnblue males komen. Mian kalo ada yg ga setuju.
    Tapi thanks banget buat para reader yg komen ff author2 disini siapapun itu. Komen kalian berharga banget karna nambah semangat author buat nulis🙂 Jeongmal gomawo ^^ *tebar senyum dan lempar bias masing2 readers*😀

  9. Hm ..

    HWAITING yagh para author FF CB BLUE INDO ..
    Aku juga reader disini, n aku selalu comment kalo tiap baca disini ..
    FF-nya bagus-bagus kog ..
    Mungkin masing kurang peminat yang baca FF CN BLUE ..
    Mereka gak tau ajah kalo CN BLUE tu “KEREEEEEN” ..
    Aku ajah yang SHAWOL ampe’ terkagum-kagum ma CN BLUE, n jadi deh aku BOICE dadakan .. Hahahaha ..

    Tapi ttp semangat n maju terus ajah ..🙂

    Aku juga masih dengan setia kan ngirim-ngirim FF kesini ..
    Makasi yagh Admin yang udah publisin FF aku ..

  10. annyeong haseyo.. indry imnida..
    saya termasuk siders #ngaku

    saya termasuk penggemar setia ff dsini.. dari jaman masih d blogspot malah..
    tiap ol compi pasti buka blog ini
    tp emang yg plg menarik kato Cast nya Jung Yong Hwa oppa + Seo Hyun🙂
    *goguma shipper + emotional angel

    saya jg masih nungguin W Pinch sama valuable person yg kayaknya ga nongol2
    chusungeyo admin n author..klo saya baca tp ga ngomen :p
    oia.. beberapa ff aq save d compi..terutama klo chaptered biar mudah bacanya..ga papa yah?

    Admin n Author HWAITING..!!!
    We did it bcoz we love CN Blue

  11. Annyeong thor,,,, hehe,,,*cengengesan* lam nal yah,,,, q uga trmsuk sider nih *plakk*jujur,,,, hehehe,,,
    mian,,, sbnrxa q sk bc ff palagi cast na cnblue,,,,, tetep semangat y thor,,, bln dpn cnblue dtenggg,,, *yeyeye*
    *g xambung yah*,, yah,, intixa author semangat yah,, q trsntuh m tlsn diatas,, q bakal koment deh law dh selesai baca,,,yaksokk,,,, hehe*angktjarikelingking*,, fighting thorr,,,,, fighting boice,,,,

  12. hihi… authors semangat oke?! aku suka komen, walaupun kadang2 rada males… tapi walaupun males, aku menghargai. karya2 author tetap dan aauthor freelance disini bagus2, aku seneng banget bacanya. aku malah tiap hari visit nih blog. siders, tobat yah – -” kasian authorsnya… dan aku, akan mulai lebih rajin comment ^^ FIGHTING!

  13. saya sebagai Boice jg pernah merasakan hal yg sama =.=
    jujur aja FF pertama saya castnya Jonghyun CN Blue..
    awalnya kurang respon sama sekali.
    tapi karena saya sering bikin FF dgn cast CN Blue, akhirnya makin banyak yg nyadar juga kalo CN Blue itu daebak😀

    buat author-author disini hwaiting! ^^
    saya yakin, semakin sering ngenalin CN Blue ke readers, nanti mereka juga akan jatuh cinta🙂

  14. semangat yaa para author!
    sekarang udah tambah banyak kok reader yang komen, cheer up🙂
    sebelumnya, mian nih udah ga nge-post ff dalam waktu lama. belum pamit pula, jeongmal mianhae *bow
    aku usahain tulisff lagi kalo kosong kuliah, hehe.
    oiya, makasi lho readers ffcnblueindo udah baca / baca+comment😀

  15. annyeong .
    aku baru tahu sekarang ini kalo ada blog ini . jujur aja , aku belum begitu ngerti ff itu kayak gimana , tapi secara garis besar aku tahu , trus pengen jadi author jjuga . imajinasiku tinggi banget kalo udah nyangkut kang min hyuk oppa . tolong dibantu ya .. *prokprokprok
    gimana ya caranya kao pengen jadi author lepas ?

  16. maaf ya author yg ff’a aq bc tp aq cma koment “nice ff”
    coz menurut aq semua ff emank nice,,,,,,,
    tp aq selalu ninggalin jejak ko,,,,disetiap ff yg aq baca

    author semangat ’45 ya buat sellu bikin ff’ yg keren2
    ^o^

  17. wah aku br tau ada postingan ini. Lama ga maen kesini *di blog yg sana aja jarang maen
    hm..yah emg gtu dimana2,
    siders udah pasti ada
    ak jg ngerti rasanya, kayak ga ada harganya gtu ff kita
    *tuh kan curhat
    te2p semangat ya, kn masih ada good reader yg pada setia🙂

  18. .oke deh onn mulai skg aku gamau jdi siders lgi #ngaku
    .sbenernya gni klo ak sh trlalu keasikan bca jdi kdang lupa ngomen ak nyimpen bbrapa crita bru deh ak baca satu” jdi lupa ngomen
    .tpi kadang” ak komen kok ff kalian
    .oke mulai skg ak bkal ngomen stiap ff kalian semangat onn
    .plis jgn brhenti brkarya aku ska bgt sma ff kalian

  19. gumawo gumawo gumawo ya readerss ….🙂
    mau di koment atau nggak , authornya masih rajin ngepost ff kok
    Hidup Authors … Hidup Readers .. Hidup JungShin eh CNBLUE dink

    /plak apaan sih on, malu tau teriak2 getu ? kt JS

  20. sedih bacanya..
    admin melas banget..
    saya akan coment ff d blog ini..
    dengan atau tanpa baca ff-nya..
    ..heh??..
    becanda koq, harus dbaca dong lalu dcoment.. iyaa kaan?
    yasud, sy menjelajah dulu d blog ini..
    ..admin dan author, Fighting Fighting ~
    jgn melas lagi..sy sedih ngliatnya..
    oke bye yeom ~

Guest [untuk kamu yang tidak punya acc *cukup masukkan nama & email**email aman*] | [Bisa juga komen melalui acc Twitter & Facebook]

