For You Who Knows Nothing About Us

Author: mmmpeb

Length: ficlet

Genre: a true story

Rating: G

Cast: CNBLUE

Disclaimer: CNBLUE’s TRUE STORY with a lil bit editings

Note: Cerita di bawah adalah kisah nyata CNBLUE di Jepang 2009 dulu dan awal bagaimana CNBLUE bisa terbentuk. Anggaplah Minhyuk lagi nulis di Oricon Blog-nya CNBLUE dengan full bahasa Jepang xDDD Selamat membaca ^^

Sumber:

*****************************************************

 

Hi!

Drummer Minhyuk here..

Sudah lama sekali aku tidak menulis di sini. Kalian apa kabar? Kalau tidak sedang baik-baik, mana mungkin kalian membaca ini, kekeke! Giliranku shooting untuk MV terbaru masih lama, jadi aku kepikiran untuk mampir ke blog yang sudah lama tidak aku kunjungi. Sebenarnya aku mau menulis ini saat hari jadi CNBLUE yang kedua Januari lalu –debut kami di Korea-, tapi selalu saja tidak sempat. Dan sekarang aku sudah menyempatkannya. Apa yang aku tulis adalah kisah perjalanan CNBLUE sebelum kami debut di Jepang dan Korea. Jadi…. ada yang butuh popcorn?

Untuk menjadi seorang artis –khususnya di Korea-, wajah rupawan dan keberuntungan saja belum cukup. Talenta juga diperhitungkan, sangat malah. Karena itu, saat Juni 2009, manajemen CNBLUE, FNC Music –sekarang FNC Entertainment- mengirim kami para pria tampan ke Jepang untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan bermusik. Kenapa Jepang? Karena di sanalah gudangnya band, negara yang terkenal akan band live show dan juga pusat dari segala jenis musik. Jepang juga akan menyambut kalian yang ingin menunjukkan bakat musik kalian. Jepang adalah surga musik dan di sanalah kami bisa mengembangkan bakat musik kami.

Tapi, alasan utama manajemen mengirim kami ke Jepang karena kami berempat membutuhkan keberanian dalam tampil di depan orang banyak. Yeah, aku akui kami memang merasa kurang akan hal itu. Lain di Korea, di Jepang banyak sekali band-band jalanan yang beraksi di sana-sini, dan kamipun kemudian juga melakukan hal yang sama.

Sebelumnya aku akan menceritakan bagaimana kami bisa menjadi trainee FNC.

Yonghwa hyung bercerita saat itu ia bersama keluarga dan teman-temannya pergi ke penginapan untuk bermain ski. Kemudian foto-fotonya ia masukkan ke dalam mini homepage-nya. Ternyata ada yang melihat dan mengkopi foto itu untuk di masukkan ke dalam ulzzang cafe dan akhirnya ia terpilih jadi ulzzang. Banyak manajer dan orang-orang lainnya datang ke sekolah hyung hanya karena ingin melihat dia. Suatu hari, hyung melihat audisi FNC. Ia tertarik dan akhirnya ia pergi ke Seoul untuk ikut audisi juga. Yonghwa hyung sudah belajar gitar bertahun-tahun dan dia sangat suka menyanyi. Dia memang sudah berbakat dan pantas kalau diterima.

Untuk Jonghyun hyung, sama seperti Yonghwa hyung. Temannya memasukkan foto Jonghyun hyung beserta seorang anak kecil ke Ulzzang cafe dan iapun terpilih sebagai ulzzang. Suatu hari manajer FNC meninggalkan pesan di mini hompage miliknya dan meyuruhnya ikut audisi. Setelahnya Jonghyun hyung perg ke Seoul dan untuk pertama kalinya Jonghyun dan Yonghwa hyung bertemu di stasiun Seoul. Jonghyun juga berbakat dalam bermusik. Ia belajar gitar dan vokal di salah satu institut musik.

Aku juga sama-sama menyukai musik. Alat musik pertama yang aku mainkan adalah piano. Merasa bosan, aku pindah memainkan flute (suling) baru kemudian aku tertarik drum saat melihat temanku tampil di sekolah menengah. Saat aku SMA, seorang casting manager FNC memberiku sebuah kartu nama di depan sekolahku. Aku tidak percaya begitu saja tentunya. Bagaimana kalau ternyata dia adalah orang jahat? Tapi suatu hari aku melihat band FTIsland di televisi dan barulah aku tahu ternyata FNC-lah tempat band itu bernaung. Dan akhirnya aku percaya dan mengikuti audisi yang dilaksanakan.

Aku, Yonghwa hyung dan Jonghyun hyung mengikuti audisi di hari yang sama. Dari banyaknya sekian peserta, hanya kami bertiga yang terpilih. Itulah bagaimana awal CNBLUE terbentuk. Sekitar tahun 2007. Sejak hari itu Jonghyun dan Yonghwa hyung tinggal bersama, tidak salah kalau rasa persaudaraan mereka terlihat kental.

Kemudian Lee Jungshin. Ia sedang belajar fotografi dan dia pergi ke Hongdae untuk mengambil beberapa gambar. Hari itu adalah pertama kalinya Jungshin ke sana. Kebetulan tempat latihan FNC di sana dan casting manager FNC menemukan dia. Dia sama sepertiku, tidak langsung percaya begitu saja. Dan kemudian dia bertemu denganku di lembaga bahasa inggris di Ilsan, dekat rumahnya. Kami sekelas. Setelah tahu kalau aku adalah seorang trainee manajemen itu, Jungshin jadi percaya dan akhirnya mengikuti audisi itu.

Oke, kembail ke Jepang ^^

Saat itu aku, Jonghyun hyung dan Kwangjin sebenarnya masih sekolah, sedangkan Yonghwa hyung adalah mahasiswa tingkat pertama. Dan untuk sementara kami meninggalkan kegiatan akademis kami. Oh ya, kalian kenal Kwangjin, kan? Tidak kenal? Dia itu mantan bassis kami. Saat itu Jungshin belum bersama kami.

Hidup kami di Jepang terasa sulit. Sangat sulit malahan. Bagaimana tidak? Manajemen hanya memberikan kami uang yang cuma cukup untuk menyewa sebuah rumah kecil. Mereka ingin kami berempat mendapatkan uang dengan usaha kami sendiri. Dan sialnya mereka juga tidak memberikan kami ponsel. Mereka tidak mengizinkan kami membawa barang-barang selain pakaian dan alat musik.

Bukannya kami miskin, sih! Kalian tahu? Rumah Yonghwa hyung bahkan seperti istana. Kalau kami mau, kami bisa saja membawa uang diam-diam. Tapi baru segitu saja sudah bersikap curang, bagaimana kami ke depannya nanti?

Untuk menghidupi diri kami sendiri, kamipun melakukan aksi kami di berbagai tempat. Di sisi jalanan, depan stasiun atau klub malam. Lebih sering kami perform di klub malam, mungkin kurang lebih seratus kali. Kami baru menyadari betapa kecilnya kami saat itu. Pertama kali kami tampil, kami hanya ditonton oleh tiga orang warga jepang. Tiga orang? Itu karena saat itu kami masih remaja dan dilarang untuk perform di atas jam delapan malah. Tapi itu masih mending. Kami malah pernah tidak mendapat penonton sama sekali. Itu karena kami tampil di tempat yang banyak tampil band ber-skill tinggi. Kami tidak merasa putus asa begitu saja. Semua yang kami alami itu kami jadikan stimulan dan penyemangat kami dalam bermusik. Kami jadi terpacu untuk bangkit agar bisa mengalahkan band-band itu.

Walaupun kami hidup tanpa mobil dan ponsel, kami masih bisa hidup tanpa itu. Kami –aku, Yonghwa hyung, Jonghyun hyung dan Kwangjin- yang tadinya masih kurang saling mengenal akhirnya menjadi semakin dekat. Kami tidak perlu hang out untuk memupuk rasa kekeluargaan kami. Cukup duduk manis di depan televisi dan menonton DVD, kami sudah seperti keluarga.

Kemampuan kami sedikit demi sedikit berkembang. Banyak sekali pengalaman yang tidak bisa kami beli dengan uang, terlalu berharga jika disamakan dengan barang itu. Tapi tetap saja uang selalu dibutuhkan. Tiket subway di Jepang mahal sekali saat itu dan uang kami…. Sigh! Kami terpaksa jalan kaki dari tempat kami perform ke rumah. Kami membawa alat musik kami dengan bantuan troli. Bisakah kalian bayangkan berapa berat satu set drum? Coba saja sendiri dan kalian akan merasakan betapa menderitanya kami saat itu. Aku merasa hampir pingsan ditambah karena cuaca yang panas.

Suatu hari, kami baru saja pulang. Kami yang sedang dilanda kelelahan harus mendapati fakta kalau kunci rumah kami menghilang. Tuhan!! Berat banget cobaan yang Kau berikan! Aku sangat kelaparan dan super kelelahan. Kami tidak memiliki uang untuk membeli makanan sejak dua hari sebelumnya. Akupun sempat lepas kontrol. Entahlah otakku ke mana saat itu. Aku memanjat atap dan lompat ke balkon lantai 5 untuk membuka pintu.

Penderitaan kami belum sampai disitu. Kami juga harus menerima fakta kalau rumah kami kemalingan. Dan itu terjadi saat kami –yang dengan terpaksa- harus mendekam di tahanan semalaman. Tapi anehnya, penyusup itu masuk tanpa mengambil barang sedikitpun. Menyebutnya pencuri sepertinya agak aneh. Bukannya mendapati barang kami hilang, justru malah lantai toilet kami yang basah. Mungkin hanya menumpang ke toilet.

Masalah yang tidur di tahanan, itu benar-benar terjadi lho! Saat itu kami sedang perform di Harajuku dan kemudian terjadi kesalahpahaman antara kami dan pihak polisi Jepang. Mereka pikir kami adalah orang ilegal yang datang ke Jepang karena saat itu kami tidak membawa pasport kami. Mungkin juga karena kami tidak bisa bicara bahasa Jepang dengan lancar. Mereka membawa kami ke kantor polisi. Yonghwa hyung terlihat ketakutan dan bingung. Dia khawatir mereka akan mendeportasi kami ke Korea. Ia berusaha menenangkan diri, kemudian menelpon manajemen dan meminta membawakan pasport kami. Karena proses pembebasan kami tidak bisa cepat, karena itu kami terpaksa bermalam di dalam sel. Untungnya sel di sana hangat dan bersih, lain dari dugaan kami. Well, kejadian itu menjadi pengalaman kami yang tidak terlupakan, terutama Yonghwa hyung.

Lain Yonghwa hyung, lain pula Jonghyun hyung. Ia justru malah menganggap lelucon pengalaman itu. Ia sempat menempatkan dirinya sebagai presiden karena banyaknya polisi yang mengawal kami. Kekeke! Jonghyun hyung juga bilang kantor polisi Harajuku itu sangat cantik dan terlihat seperti coffee shop ketimbang kantor polisi. Hahaha! Kalau Yonghwa hyung merasa panik, justru kami malah tenang-tenang saja. Bahkan masih sempat-sempatnya mengambil foto. Oh, kemana ya foto-foto itu? Kalau aku menemukannya, aku janji akan memberitahu kalian.

Masa mimpi buruk kami bisa dibilang sudah terlewat. Di rasa sudah siap, kamipun mengeluarkan mini album Jepang kami yang pertama yang dirilis Agustus 2009, Now or Never. Pada tanggal 19 Agustus 2009, kami resmi debut sebagai indie band di Jepang di bawah pimpinan Lee Jonghyun. Tapi saat debut di Korea, Yonghwa hyung menggantikan posisi leader.

Di saat yang bersamaan, aku dan Yonghwa hyung di panggil kembali ke Korea untuk mengikuti audisi sebagai Kang Shinwoo dalam drama seri berjudul ‘You’re Beautiful’. Tapi ternyata sutradara lebih tertarik dengan Yonghwa hyung ketimbang aku. Hyung datang dengan membawa gitar favoritnya dan dengan suara powerful-nya ia menyanyikan Now Or Never. Sedangkan aku? Tidak perlu dibahas deh!

Siapa yang tidak kecewa gagal casting? Hingga kembali pulang aku masih merasa kecewa. Yah, andai aku yang diterima, mungkin orang-orang akan lebih mengenalku ketimbang hyung! Hehehe! Tapi mungkin belum jalanku untuk berakting saat itu, sehingga yang aku lakukan adalah menyemangati Yonghwa hyung. Toh akhirnya impianku berakting tercapai juga. Kalian sudah menonton filmku bersama Jonghyun hyung, Acoustic? Atau drama It’s Alright Daddy’s Daughter dan Heartstring? Belum ya? Ayo dong ditonton, hehehe! Sekarang ini aku juga sedang main drama baru My Husband Got A Family, walaupun bukan pemeran utama lagi sih, tapi setidaknya karakter yang aku dapat jauh berbeda dari karakter sebelumnya. Playboy yang selalu menerangi para wanita. Hahaha!

Oh ya, Jonghyun hyung juga mau main drama lho! Burning Souls pasti senang! Tidak tahu sih bakal jadi atau tidak, berhubung kami sebentar lagi akan comeback tanggal 27 maret nanti. Kalian lihat saja di sini (klik). Kalau aku bilang, karakter Jonghyun hyung keren! Colin, 19 tahun, Korea-Amerika. Woaaah! Entah kenapa cocok dengan wajahnya yang memang tidak seperti orang Korea, hehe!

Loh kok jadi bahas yang lain? Kembali ke topik.

Saat aku kembali ke Jepang, aku harus menerima sebuah kenyataan pahit. Orang yang telah bersama-sama menjalani kehidupan pahit bersamaku dan yang lainnya justru mengundurkan diri. Dialah Kwon Kwangjin. Untuk alasan pribadi, aku tidak bisa menyebutkan mengapa ia keluar.

Namun tidak lama, saat Oktober 2009, kami mendapatkan seorang bassis baru. Lee Jungshin. Yeah, teman sekelasku di lembaga bahasa inggris saat sekolah menengah dulu di Ilsan. Orang yang dulu juga sempat bertanya padaku apakah manajemen FNC itu asli atau tidak. Menggembirakan bisa satu grup dengan Jungshin yang sekarang adalah partner in crime-ku.

Bulan berikutnya kami merilis mini album yang kedua, Voice. Dan selanjutnya di penghujung akhir tahun 2010, CNBLUE menjadi tamu di konser FTIsland yang bertajuk ‘Men’s Stories Concert’.

Hari terakhir kami perform di Jepang sekitar tanggal 28 Desember 2009 kalau tidak salah. Dan penonton yang kami dapat sekitar 300 orang lebih. Woaaah, kami sangat gembira. Penderitaan kami tidak sia-sia. Jonghyun hyung yang mantan atlet judo saja sampai harus kehilangan berat badan 10kg saat tinggal di Jepang. Yeah, kami kurus sekali di sana.

Kemudian manajemen memanggil kami semua untuk pulang ke Korea. Merasa waktu sudah tepat, pada 14 Januari 2010, kami resmi debut di negara kami sendiri.

Itulah sekilas kisah perjalanan kami hingga bisa sebesar ini. Aku cukup senang dengan apa yang sudah kami capai, walaupun masih banyak yang belum terpenuhi sih! Terima kasih untuk kalian yang selalu mendukung kami. Kami akan selalu memberikan yang terbaik untuk kalian ^^

Jaga kesehatan, oke?

Bye!

 

17 thoughts on “For You Who Knows Nothing About Us

  1. Jujur aja, aku baru tau kalau anak CNBLUE pernah dipenjara semalam di Jepang hehehehe…
    Nice ff mpeb🙂 ,, pengorbanan mereka emang besar bgt, sukses buat CNBLUE🙂

  2. sblmnya aq dh tau klo perjuangan CN BLUE berat bgtz, tp gak tau pastinya. makasih ya thor, skrng aq jadi benar2 tau. . CN BLUE smg sukses selalu.. appadeul fighting!!!

  3. sblmnya aq dh tau klo perjuangan CN BLUE berat bgtz, tp gak tau pastinya. makasih ya thor, skrng aq jadi benar2 tau. . CN BLUE smg sukses selalu.. oppadeul fighting!!!

  4. Abis baca FF ini, jd pengen bka laptop trus liat smua street-performance mrk wkt msh jd band indie.
    Bagus author, bikin terharu walaupun fakta2 kesengsaraan CNBLUE itu udh brkali2 aku baca.🙂 CNBLUE = from ‘nothing’ to be ‘something’.

  5. Wahh… Bru tau low oppadeul prnah dpnjra 1mlm djpg… Kciant yongppa ktakutan bgtt.. Ehh si hyunppa mlah nganggp lcu… Ada”aja dch si burning… Hehee^^

    CNBLUE Daebak..
    Fighting!!

  6. bener2 deh salut ama perjuangan mereka buat sampai sesukses sekarang. mulai dari perform di jalanan dan cuma ditonton 3 orang, pulang jalan kaki bawa alat musik pake troli udah gitu jauh lagi, makan seadanya ampe pada kurus2 begitu
    tapi yg lucu pengalaman mereka ditangkep polisi.. ya kali jonghyun berasa presiden dikawal polisi😄 dan orang normal mana sih yg di penjara malah asik foto2?😄

    • Hahaha dasar jonghyun😄 berasa jadi presiden semalem ya oppa? hahaha.
      Ada lagi minhyuk malah foto2 di penjara yg mirip coffe shop hahaha *gak bisa berhenti ngakak*
      Ini part yg paling kocak dimana yg waras itu cuma yonghwa hahaha

  7. Thor,masa aku nangis abis baca ini. Tau ga min masa pas lg baca ff ini yg keputer lagu cnblue semua. Padahal di shuffle. Amajing bgt min. Uri oppadeul tabah bgt yak. Haduuuh colin kecenya dirimu. Jangan membuatku berpaling dari kang shin woo. Aowwww colin…..!!! Hehe… Maaaf author. Hhe…😀 nice ff! 10 jempol buat admin

  8. Whoaaa uri oppadeul emang bener2 daebak!
    Salut sama perjuangan mereka yg bener2 dari nol dan dengan usaha sendiri tanpa minta bantuan (uang) orangtua!
    Nggak salah kalo mereka bisa sehebat ini, karena perjuangannya juga bener2 hebat!
    Saranghaeyo CN BLUE❤

    Authornya juga daebak bisa bikin ff yg bener2 keren kayak serasa minhyuk sendiri yg cerita🙂
    Daebak!

    Tapi masih ada 2 hal yg bikin penasaran:

    1. Minhyuk yg manjat2 atap itu beneran? Itu ceritanya gimana sih? Jadi ngebayangin si imut hyukkie manjat😮 Pasti keren banget😀
    Oh ya disitu kan ditulisnya minhyuk lompat ke balkon lantai 5 rumah mereka? Berarti rumah mereka gede banget dong?

    2. Tentang wajahnya uri jonghyun oppa yg emang bener2 kayak orang blasteran korea-bule… Apa emang umma atau appa nya jonghyun ada yg orang bule ya? Atau kakeknya apa neneknya yg orang bule?
    Aku udah nyari2 info tentang hal ini tapi nggak pernah dapet jawabannya😦

    Oke deh segini aja komennya. Mian kalo kepanjangan ya ^^v
    Yg tau jawaban dari 2 hal diatas tolong dikasih tau ya, gomawo ^^

  9. Whoaaa uri oppadeul emang bener2 daebak!
    Salut sama perjuangan mereka yg bener2 dari nol dan dengan usaha sendiri tanpa minta bantuan (uang) orangtua!
    Nggak salah kalo mereka bisa sehebat ini, karena perjuangannya juga bener2 hebat!
    Saranghaeyo CN BLUE❤

    Authornya juga daebak bisa bikin ff yg bener2 keren kayak serasa minhyuk sendiri yg cerita🙂
    Daebak!

    Tapi masih ada 2 hal yg bikin penasaran:

    1. Minhyuk yg manjat2 atap itu beneran? Itu ceritanya gimana sih? Jadi ngebayangin si imut hyukkie manjat😮 Pasti keren banget😀
    Oh ya disitu kan ditulisnya minhyuk lompat ke balkon lantai 5 rumah mereka? Berarti rumah mereka gede banget dong?

    2. Tentang wajahnya uri jonghyun oppa yg emang bener2 kayak orang blasteran korea-bule… Apa emang umma atau appa nya jonghyun ada yg orang bule ya? Atau kakeknya apa neneknya yg orang bule?
    Aku udah nyari2 info tentang hal ini tapi nggak pernah dapet jawabannya😦

    Oke deh segini aja komennya. Mian kalo kepanjangan ya ^^v

Guest [untuk kamu yang tidak punya acc *cukup masukkan nama & email**email aman*] | [Bisa juga komen melalui acc Twitter & Facebook]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s